Tuesday, November 10, 2015

Solar Tracker dan Lensa Fresnel

Penelitian yang saya lakukan kali ini pada panel surya 10 Watt peak (Wp) dengan jenis Polycrystalline. Penggunaan solar tracker bertujuan agar panel surya selalu berada pada posisi tegak lurus pada posisi cahaya matahari sehingga konversi energi cahaya menjadi energi listrik oleh panel surya selalu dalam posisi optimum. Kemudian penggunaan lensa fresnel bertujuan agar panel surya tidak hanya optimum dengan digunakannya solar tracker tetapi mengalami peningkatan energi listrik yang dikonversi.

Sebelum kita melihat bagaimana hasil penelitian yang telah dilakukan, terlebih dahulu kita ketahui bahwa lensa fresnel merupakan lensa yang memiliki panjang fokus yang pendek, jarak fokus tak terhingga serta memiliki ketebalan lensa yang kecil, seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini

Gambar Lensa Fresnel


Rangkuman secara kesluruhan hasil penelitian ini tidak begitu menjanjikan jika digabungkan penggunaan solar tracker dan lensa fresnel. Hal ini disebabkn lebar fokus yang tidak bisa menutupi panel surya secara keseluruhan sehingga kenaikan proses konversi energi cahaya menjadi energi listrik tidak terjadi, hanya penggunaan solar tracker yang menghasilkan proses konversi energi listrik secara optimum setiap waktunya.


Gambar Grafik Hasil Penelitian 

Untuk Selengkapnya bisa donlot full jurnal penelitian jelek saya, semoga bermanfaat. di sini




0 comments:

Post a Comment